Apa itu Solid State Drive (SSD) ?

SSD atau HDD bekerja dengan memori dan prosesor sistem untuk mengakses dan menggunakan data. Solid State Drive (SSD) menggunakan teknologi berbeda dari Hard Disk Drive (HDD) yang memungkinkan SSD mengakses data lebih cepat, meningkatkan kinerja komputer. Data ini mencakup hal-hal seperti operation system (OS), game, gambar, musik, atau jenis data lainnya.

Misalnya, jika Sobat ingin mengakses data dan melakukan beberapa pengeditan, inilah yang terjadi di pada SSD:

  1. Program dan file disimpan di drive penyimpanan SSD.
  2. Saat dibuat permintaan untuk membuka, prosesor komputer mentransfer data program dari storage drive ke RAM untuk akses dan penggunaan jangka pendek. Karena SSD memiliki kecepatan transfer data yang hampir instan, SSD mempercepat proses transfer data, yaitu jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat program dan file.
  3. Prosesor kemudian mengakses data dari memori, yang bertindak sebagai tempat penyimpanan yang tersedia di komputer. Memori kemudian digunakan untuk “menjalankan” program.

Selain lebih cepat, SSD lebih tahan lama karena tidak memindahkan bagian yang dapat rusak atau habis, terutama saat dipindahkan. Plus, mereka menggunakan lebih sedikit energi dan juga menghemat masa pakai baterai.ย Solid state drive ditentukan oleh tiga faktor bentuk; ini adalah: ukuran drive, jenis antarmuka koneksi, dan ruang fisik yang akan ditempati drive di komputer.

SSD Standar
Bentuk standar untuk SSD adalah 6.5cm, yang muat di dalam tempat drive laptop atau komputer desktop. Mereka dirancang untuk meminimalkan kebutuhan untuk mengganti kabel antarmuka penghubung, membuat transisi ke drive berkinerja lebih tinggi semudah mungkin.

SSD mSATA
SSD yang lebih kecil disebut mSATA. SSD mSATA berukuran 80mmx22mm dan dirancang untuk dicolokkan ke soket mSATA pada motherboard sistem. Drive mSATA digunakan di perangkat ultra-tipis dan mini, atau sebagai driver sekunder di desktop.

SSD M.2
SSD terkecil disebut M.2, yaitu seukuran permen karet 42mmx22mm. SSD M.2 terpasang ke motherboard melalui soket M.2 dan dirancang untuk tablet dan ultrabook dengan storage yang terbatas.

Begitu Sob seputar SSD atau Solid State Drive yah. Jika Sobat membutuhkan kabel SATA, Vention menyediakan kabel SATA untuk kamu disini dan kabel SATA extension disini. Sobat juga bisa kasih tau Vention mau berbagi apalagi yah Sobs untuk artikel atau pun giveaway. Vention sedang ngadain event Giveaway lho Sobs full bulan ini, Kamu langsung bisa cek yah Sobs disini. Pokoknya gak rugi deh baca konten dan ikut eventnya Vention. Hehe ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Buat kamu yang WFH semangat yah kerjanya, selalu produktif dan kalau stress bisa baca blognya Vention untuk nemanin hari-hari kamu. Kamu bisa sharing di IG dengan tag IG Vention dan juga ajak adminnya curhat yah. Vention, For your Audio Visual Enjoyment.